error

Penyebab Website Tidak Bisa Diakses

Apakah sering kali anda tidak bisa mengakses website anda? Biasanya akan muncul pesan seperti ini:

  • 404 Not Found,
  • 403 Forbidden,
  • 500 Internal Server Errors, dll.

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan website anda tidak bisa di akses. Namun, jika sudah tahu penyebabnya pastikan anda memiliki solusinya. Berikut ini faktor-faktor penyebab website tidak bisa di akses :

  1. Setting DNS dan Name Server
    Faktor pertama jika website anda tidak bisa diakes di semua PC (termasuk laptop) adalah dimungkinkan ada kesalahan ketika melakukan pengaturan DNS dan Name Server. Hal ini dapat menyebabkan website tidak bisa diakses untuk beberapa jam atau bahkan hingga beberapa hari. Solusinya, anda bisa mengatur ulang alamat NS dengan data-data yang benar, tetapi anda harus memiliki akses ke halaman domain panel bukan Cpanel Hosting.
  1. File Indek tidak ada
    Ketika mengakses website, server akan mengambil beberapa file yaitu : index.html, index.htm atau index.php (urutan pengambilan file seperti itu, ketika server mencari file). Jika server tidak menemukan file tersebut, server akan menampilkan pesan eror. Beberapa pesan eror yang ditampilkan adalah error document, index file atau server menampilkan yang ada di direktori.Jika website anda sudah menemukan atau mengambil salah satu file tersebut tapi masih eror, kemungkinan file dalam keadaan kosong dan untuk melihat isi file anda harus membukanya melalui Cpanel Hosting anda. Jika file index kosong, biasanya halaman akan muncul dengan halaman berwarna putih tanpa tampilan apapun. Salah satu solusinya dengan Login ke CPanel Hosting anda, untuk mengetahui apakah pada direktori website anda ada file tersebut atau tidak. Selain itu, pastikan file tersebut berisi code atau tidak. Jika tidak, anda harus memperbaiki file tersebut dan menulis code tertentu. Jika anda menggunakan wordpress, anda upload ulang file index dari file wordpress anda.
  1. Nama Domain Kadaluarsa (Expired Date)
    Masa kadaluarsa dari domain tidak ada, jika dibayar tepat waktu. Hal ini bisa terjadi jika terlambat dalam memperpanjang domain, jadi jangan sampai terlambat dalam memperpanjang domain anda. Jika domain tidak diperpanjang tepat waktu, maka domain tersebut akan dikunci dan diarahkan pada sebuah halaman (halaman parking).  Untuk biayanya, akan sama seperti harga normal jika anda membayarnya masih pada masa-masa ini, namun jika sudah masuk ke masa delete harga perpanjangan domain akan berubah jadi lebih mahal. Solusinya, perpanjang domain anda hingga beberapa waktu ke depan (min. 1 tahun)
  1. IP Terblokir Server
    Untuk mengatasi masalah IP terblokir, Anda dapat melakukan unblock IP Address melalui member area Eramedia pada menu Support – Unblock IP Address, atau bisa juga dengan mematikan router/modem internet Anda lalu menyalakannya kembali agar IP Anda berganti dengan IP lain. Apabila masih tidak bisa jug, silahkan hubungi layanan support kami.
    Pemblokiran IP biasanya terjadi karena:
    ■ Kesalahan yang berulang-ulang ketika Login Cpanel/Webmail,FTP/SSH.
    ■ Terlalu sering me-refresh browser.
    ■ Terdekteksi melakukan spam
    ■ Hacking
    ■ DOS Attack
    ■ Port Scan
  1. PC Terinveksi Virus
    Ketika mengakses internet, tanpa anda sadari PC terinstal program-program jahat yang tidak anda ketahui, sehingga dapat menghalangi PC anda untuk mengakses internet. Jadi, bersihkan PC anda secara berkala agar terhindar dari virus-virus.
  1. Salah Mengedit File .htaccess
    Salah menulis kode di .htacces dapat menyebabkan website anda tidak bisa di akses. Dengan demikian, jika anda ingin mengganti kode di .htaccess harus dipastikan anda melakukan dengan benar atau melakukan backup file terlebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *